logo-header

Tingkatkan Penanganan Kanker Serviks, AHCC Gelar Seminar Ilmiah Update Management Gynecology Oncology


Gynecology Oncology atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan Onkologi Ginekologis adalah bidang khusus pengobatan yang mempunyai fokus pada diagnosis dan perawatan bagi kaum wanita yang menderita kanker sistem reproduksi. Adapun kanker reproduksi Ini meliputi kanker indung telur, kanker rahim, kanker leher rahim atau di sebut kanker serviks.

 

Data dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dari semua kanker sistem reproduksi pada wanita tersebut, kanker serviks disebut sebagai penyakit pembunuh wanita nomor 1 di Indonesia. Setiap tahun tidak kurang dari 15.000 kasus kanker serviks terjadi di Indonesia.

 

Berdasarkan fakta tentang kanker serviks tersebut Adi Husada Cancer Center sebagai pusat penanganan kanker terintegrasi swasta pertama di Indonesia timur dengan misi memberikan pelayanan penanganan kanker yang cepat dan akurat, Sabtu (16/3) kemarin menggelar Seminar Ilmiah Update Management Gynecology Oncology. Seminar ilmiah ini digelar dengan tujuan membahas dan menjabarkan tentang update terbaru proses penanganan serta pengobatan pada kanker sistem reproduksi dan peran radiotepi pada pengobatan kanker sistem reproduksi.

 

Seminar Ilmiah yang diselenggarakan AHCC ini dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama dengan pemateri Prof. dr. Suhatno, Sp. OG (K) Onk dan dr. Primandono Perbowo, Sp. OG (K) Onk yang dimoderatori dr. Yoke S. Marlina, Sp.Onk. Rad.

Prof. dr. Suhatno, Sp. OG (K) Onkdr. Primandono Perbowo, Sp. OG (K) OnkDalam sesi pertama lebih banyak dibahas bagaimana perkembangan terkini terkait kanker sistem reproduksi dan bagaimana penanganannya. Prof Suhatno banyak menjelaskan bagaimana penanganan kanker serviks dan pentingnya vaksinasi HPV untuk mengurangi faktor risiko kanker serviks. Sementara dokter Primandono memberikan paparan lengkap antisipasi Kanker Endometrium pada  Hiperplasia Atipik Endometrium.

Di sesi kedua, rekan-rekan yang hadir di seminar ilmiah ini lebih banyak mendapatkan update terkait bagaimana penanganan kanker tahap lanjut yang dimulai dari proses penegakan diagnosis pada kanker sistem reproduksi dan treatment radio terapi.

dokter gracedokter lulus

Pemaparan proses penegakan diagnosis kanker sistem reproduksi disampaikan oleh dr. Grace Ariani, SpPA. Sedangkan untuk pemaparan treatmen radioterapi pada kanker sistem reproduksi dibawakan oleh dr. Lulus Handayani, Sp. Rad (K) Onk. Rad.

 

Di acara yang digelar di Kampi Hotel, Jl. Taman Apsari No. 3 - 5, Surabaya mulai pukul 09.00 s.d 12.00 WIB ini dihadiri oleh kurang lebih 50 dokter  yang terdiri dari rekan-rekan dokter spesialis obgyn, dokter spesialis gynecology oncology dan dokter umum dari Surabaya dan daerah lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Pasuruan dan Tuban. Acara ditutup dengan foto dan penyerahan sertifikat.

 

Acara ini terselenggara dengan baik berkat kerjasama Tim Adi Husada Cancer Center (AHCC) dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) JATIM, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia – Jawa Timur serta dukungan dari Kalbe Oncology.

OTHER NEWS & ARTICLES