logo-header

Apa Itu Kanker Prostat?


Kanker prostat adalah sel ganas yang tumbuh di dalam kelenjar prostat, yakni kelenjar yang terletak di bawah kandung kemih pria. Kanker jenis ini adalah salah satu penyakit yang sering menimpa pria. Namun terkadang pria tidak menyadari gejalanya hingga sel tersebut tumbuh tak terkendali dan menyebar ke organ tubuh lain. Di artikel kali ini Adi Husada Cancer Center Surabaya Jawa Timur (AHCC) mengajak Anda untuk mencari tahu lebih banyak tentang gejala yang timbul, penyebab dan bagaimana cara mengobati kanker prostat.

 

Apa Saja Gejala Kanker Prostat?

Seorang pria seringkali tak merasakan gejalanya karena kanker ini bahkan tak menimbulkan gejala apapun pada tahap awal. Namun gejala tersebut akan muncul saat prostat terlalu besar atau membengkak dan mulai mempengaruhi kinerja uretra. Berikut beberapa gejala yang dapat diwaspadai.

1. Gangguan berkemih

Gangguan saat berkemih akan timbul seperti perasaan ingin berkemih namun tidak ada yang keluar atau bisa jadi tiba-tiba berhenti saat sedang berkemih. Gangguan itu disebabkan oleh tumor yang bersarang di kelenjar prostat dan mengalami pembengkakan yang juga dapat menimbulkan rasa nyeri.

2. Adanya darah pada urine atau air mani

Seseorang yang mendapati adanya darah pada urine atau air maninya merupakan salah satu dari gejala kankerk prostat. Hal tersebut terjadi akibat  infeksi pada saluran kemih.

3. Sulit ereksi

Kesulitan ereksi dikarenakan aliran darah ke penis menjadi tidak lancar atau bahkan terhalang.

4. Sering berkemih di malam hari

Seorang pria yang sering berkemih di malam hari lebih dari sekali patut waspada dan dianjurkan untuk segera mengecek kondisi kesehatannya.

 

Apa Faktor Terjadinya Kanker Prostat?

1. Usia

Delapan dari sepuluh pengidap kanker prostat adalah pria berusia di atas 65 tahun. Dengan kata lain pria dengan usia di atas 40 tahun lebih beresiko terjangkit kanker prostat.

2. Riwayat Keluarga

Memiliki anggota keluarga dengan riwayat mengidap kanker dapat membuat seseorang beresiko terkena kanker ini.

3. Obesitas

Kelebihan berat badan pada pria dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat. Demi menghindari hal tersebut disarankan untuk seseorang menjalani pola makan yang sehat dan sering berolahraga.

 

Bagaimana Diagnosis Kanker Prostat?

Adi Husada Cancer Center Surabaya Jawa Timur (AHCC) sebagai pusat penanganan kanker terintegrasi dapat melalukan tes dan pemeriksaan untuk menentukan diagnosis kanker pada seseorang. Tahap awal yakni pemeriksaan fisik atau pemeriksaan colok dubur dilakukan untuk memeriksa ukuran kelenjar prostat. Untuk pemeriksaan lainnya seperti tes darah dan biopsi dapat dijalani oleh seseorang agar diagnosis lebih akurat.

 

Pengobatan Kanker Prostat

Mengenali gejala kanker prostat dan melakukan diagnosis dini akan membuat seseorang berpeluang besar untuk sembuh. Berikut adalah jenis pengobatan yang bisa dilakukan pada pasien kanker prostat.

1. Pembedahan

Prosedur pembedahan dilakukan dengan mengangkat prostat, jaringan di sekitarnya dan seminal vesicles. Pembedahan dilakukan dengan dua cara yakni, open radical retropubic prostatectomy dan da vinci robot-assisted laparoscopic radical prostatectomy.

2. Terapi radiasi

Terapi radiasi merupakan pengobatan kanker yang menggunakan energi tinggi sinar-X untuk membunuh sel-sel kanker prostat. Jenis terapi yang bisa dilakukan adalah external beam radiation therapy dan brachytherapy or internal radiation therapy.

3. Kemoterapi

Kemoterapi adalah penggunaan obat untuk membunuh atau memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat, membunuh sel hingga menghentikan sel dari kegiatan membelah diri. Kemoterapi umumnya diberikan kepada pasien dalam stadium lanjut kanker prostat saat sel-sel tersebut tidak lagi responsif terhadap pengobatan hormonal. Kemoterapi dapat menimbulkan efek samping pada pasien seperti mengalami mual, rambut rontok, radang pipi, gusi, lidah dan beberapa efek samping lainnya.



 

Referensi :

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran. Kanker Prostat.

Mayo Clinic.Diseases & Conditions. Prostate cancer.

American Cancer Society. Cancer A - Z. What Is Prostate Cancer?

American Cancer Society. Cancer A - Z. Prostate Cancer Risk Factors.

OTHER NEWS & ARTICLES