logo-header

Mari Kenali Sarkoma Ewing


Barangkali ada sebagian banyak orang yang belum mengetahui apa itu kanker sarkoma ewing, jenis-jenisnya, gejala apa saja yang muncul maupun cara pengobatannya. Adi Husada Cancer Center Surabaya Jawa Timur (AHCC) sebagai pusat penanganan kanker di Surabaya memberi perhatian khusus pada jenis kanker ini dan mengajak kita untuk lebih tahu tentang kanker sarkoma ewing.

 

Kenali Jenis Kanker Sarkoma Ewing

Kanker sarkoma ewing adalah salah jenis kanker yang tumbuh dan berkembang pada jaringan ikat seperti tulang rawan, saraf, lemak, tendon, otot serta pembuluh darah pada kaki dan lengan. Kebanyakan kanker jenis ini menyerang kelompok usia 10-20 tahun dan umum ditemukan pada anak-anak.

 

Ada beberapa jenis kanker sarkoma ewing berdasarkan lokasi di mana sel kanker tersebut pertama kali terbentuk.

  1. Kanker Tulang Ewing

Dari kasus yang sering terjadi, sebanyak 87% kanker sarkoma ewing ditemui di tulang seperti tulang panggul, paha, tulang rusuk maupun belikat.

     2. Kanker Jaringan Lunak

Beberapa bagian pada jaringan lunak seperti otot dan tulang rawan menjadi titik

lokasi sel kanker sarkoma tumbuh. Jenis kanker ini juga dapat ditemukan di jaringan

lunak sekitar tangan, kaki, kepala, leher dan perut.

     3. Peripheral Primitive Neuroectodermal Tumor (pPNET)

Jenis kanker ini terjadi pada jaringan saraf dan juga terdeteksi pada bagian organ

tubuh yang lain.

     4. Tumor Askin

Tumor ini merupakan jenis pPNET yang terjadi di bagian dada.

 

Waspadai Gejala Kanker Sarkoma Ewing

Kewaspadaan dan antisipasi pada setiap penyakit adalah hal yang patut kita lakukan. Begitu juga mewaspadai terjadinya kanker sarkoma ewing dengan memahami gejala-gejala yang muncul. Berikut beberapa gejala kanker sarkoma ewing yang penting untuk kita ketahui :

  1. Mengalami pembengkakakan, nyeri dan kaku pada daerah munculnya tumor. Hal itu dirasakan dalam waktu yang cukup lama, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

  2. Munculnya benjolan di kulit yang terasa hangat dan lunak saat disentuh.

  3. Mengalami suhu tubuh rendah beserta demam yang konstan.

  4. Kaki akan mulai sulit digerakkan bahkan terasa berat saat berjalan akibat rasa nyeri.

  5. Nyeri tulang akan semakin bertambah parah jika digunakan berolahraga atau saat malam hari.

  6. Patah tulang tanpa penyebab yang jelas.

  7. Penurunan berat badan yang siginifikan.

  8. Mudah lelah.

  9. Kelumpuhan atau kehilangan kontrol pada kandung kemih jika tumor berada di dekat tulang belakang.

 

Pengobatan Kanker Sarkoma Ewing

Walau terbilang jenis kanker yang langka dan sangat berbahaya namun kanker sarkoma saat ini memiliki tingkat kesembuhann yang tinggi. Sebelum dilakukan pengobatan, dokter spesialis Adi Husada Cancer Center Surabaya Jawa Timur (AHCC) akan melakukan evaluasi terlebih dahulu. Hal tersebut agar pasien dapat menerima pengobatan yang tepat dan efektif.

 

Jenis pengobatan yang diberikan akan berdasar pada ukuran dan stadium kanker, daerah penyebaran kanker, kesehatan pasien secara umum dan preferensi pengobatan yang diinginkan oleh pasien. Metode pengobatan yang digunakan oleh Adi Husada Cancer Center Surabaya pun beragam. Berikut macam-macam metode tersebut :

 

  1. Kemoterapi

Kemoterapi adalah penggunaan obat untuk membunuh atau memperlambat pertumbuhan sel kanker. Metode kemoterapi paling umum digunakan sebagai salah satu medote pengobatan kanker sarkoma ewing. Kemoterapi dilakukan dengan menginjeksikan obat-obatan kimia yang menargetkan dan menghancurkan sel kanker secara berkala.

 

     2. Radioterapi

Terapi radiasi atau radioterapi adalah pengobatan kanker yang sering pada pengobatan kanker sarkoma ewing. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan sinar X energi tinggi untuk menghancurkan dan membunuh sel kanker. Radiasi dapat diberikan melalui alat radiasi eksternal ataupun alat radiasi yang dipasang di dalam tubuh.

 

     3. Pembedahan

Sekitar 60% pasien menjalani beberapa jenis pembedahan untuk mengobati kanker. Pembedahan dilakukan untuk mengangkat sel-sel kanker. Pembedahan juga dikombinasikan dengan pengobatan kemoterapi atau radiasi sebagai bagian dari keseluruhan rencana perawatan.

 

Adi Husada Cancer Center Surabaya Jawa Timur (AHCC) sebagai pusat penanganan kanker siap mendampingi setiap tahapan pengobatan untuk kanker sarkoma ewing. Apabila pengobatan pada pasien berhasil mengangkat sel-sel kanker tersebut, dokter spesialis kami akan tetap melakukan monitoring secara berkala. Hal itu penting untuk dilakukan supaya dapat memantau kondisi pasien setelah pengobatan.


 

Referensi :

American Cancer Society. Ewing Tumors.

Cancer Research UK. About Cancer. Stages of Cancer

alodokter.com

OTHER NEWS & ARTICLES