logo-header

World Cancer Day 2019, Adi Husada Cancer Center Ajak Komunitas Kanker Yoga Bersama


4 Ferbuari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day. Hari Kanker Sedunia adalah kampanye yang diseleggarakan untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi dan pengobatan kanker. Tujuan utama dari peringatan Hari Kanker Sedunia adalah untuk menurunkan angka penyandang dan kematian akibat kanker secara signifikan.

 

Tahun 2019 jadi penanda awal peluncuran kampanye 3 tahunan “I Am and I Will”, tema kampanye peringatan Hari Kanker Sedunia yang mengajak setiap individu untuk bertindak  dan membuat komitmen pribadi untuk meningkatkan kesadaran dan pecegahan kanker. Siapapun memiliki kekuatan untuk mengurangi dampak kanker bagi diri sendiri, orang-orang yang Anda cintai dan bagi dunia.

 

Health Talk Self Healing with Yogo dokter astieSebagai pusat layanan kanker terintegrasi swasta pertama di Indonesia Timur yang berkomitmen untuk terus mendukung dalam upaya meningkatkan kesadaran, serta mendorong pencegaahan kanker, Adi Husada Cancer Center (AHCC) turut serta menyemarakkan peringatan Hari Kanker Sedunia tahun 2019 ini dengan menyelenggarakan kegiatan yoga bersama dan Health Talk dengan tema “Self Healing With Yoga” dengan narasumber dr. Astie Young, dipl. Cidesco, CHt, MNLP, pakar dan insruktur yoga serta Founder of METAMORPHOSIS (Clinic, Institute, Hypnobirthing Surabaya).

 

Di acara yang di gelar senin, 4 Februari 2019 di Wyndham Hotel Surabaya ini di hadiri 50 orang dari komunitas peduli kanker, komunitas yoga di Surabaya, tim dokter AHCC, manajemen dan perkumpulan Rumah Sakit Adi Husada, blogger dan media. Acara dibuka oleh dr. Irawati Marga, MARS, QIA, CMA, Direktur Rumah Sakit Adi Husada. Dalam sambutanya dokter Ira menekankan bahwa untuk menekan dampak risiko kanker dibutuhkan komitmen dan kerjasama banyak pihak. Untuk itu dokter Ira mengajak peserta yang datang di acara ini untuk ikut aktif dalam upaya mengurangi dampak risiko kanker dengan melakukan aktivitas terkait kanker sesuai keahlian masing-masing, misalnya mulai dari hal yang paling sederhana seperti membangun kesadaran pentingnya skrining atu deteksi dini kanker.

 

Sebelum mulai praktik yoga, peserta yang hadir terebih dahulu mendapatkan paparan tentang Self Healing Yoga dari dokter Astie. Dalam paparannya, dokter asti menjelaskan bahwa yoga merupakan satu dari sekian banyak aktifitas pendukung self healing. Self healing merupakan upaya yang ditujukan sebagai tindakan preventif atau pencegahan sebelum datangnya suatu penyakit atau saat seseorang sakit, teknik self healing tetap bisa dilakukan sembari melakukan pengobatan medis.

 

Yoga Bersama AHCCTerkait dengan kanker ada gerakan yoga yang mampu membantu mengurangi rasa sakit yang dialami penyintas kanker yakni Yin Yoga. Yin yoga merupakan bagian dari Hatha yoga. Namun, perbedaannya terletak pada pose-pose yang dilakukan. Gerakan  Yin yoga cenderung lebih santai dan pasif ketimbang jenis yoga lainnya. Yin yoga sangat baik untuk mengaktifkan sistem saraf dan meredakan rasa sakit serta stres. Pasalnya, Yin yoga dapat membantu mengurangi ketegangan pada jaringan-jaringan ikat dan persendian, seperti pada lutut, pergelangan kaki, panggul, pinggul, dan tulang punggung bagian bawah.

 

Di sela acara yoga bersama dan health talk "Self Healing with Yoga" yang digelar Adi Husada Cancer Center untuk memperingati Hari Kanker Sedunia tahun 2019, panitia acara juga membuat seremonial simbolik membuat komitmen bersama untuk mengurangi dampak risiko kanker bagi diri sendiri, orang tercinta dan untuk seluruh dunia yang dikemas dalam tema peringatan World Cancer Day 2019 "I Am and I Will".

 

Sign Komitmen I Am and I Will dokter AHCCSecara simbolik Dr. Edhy Listiyo, MARS, Q.I.A - Ketua Perkumpulan Adi Husada, dr. Irawati Marga, MARS, QIA, CMA - Direktur Utama Rumah Sakit Adi Husada, Ibu Estiningtyas Nugraheni, SKM., MARS - pengurus Yayasan Kanker Indonesia Jawa Timur dan perwakilan tim dokter AHCC yang pada kesempatan tersebut hadir diantara nya dr. Bambang Widjanarko Sp. Rad (K) Onk. Rad, dr. Lulus Handayani Sp. Rad (K) Onk. Rad, dr. Ulinta Purwanti Pasaribu Sp. Rad (K) Onk. Rad diminta untuk menuliskan komitmen bersama untuk mengurangi dampak risiko kanker.


Peserta yang hadir pun turut serta membuat komitmen bersama ini. Beberapa diantaranya secara simbolik membubuhkan komitmen melalui media sosial dengan mengunggah foto dukungannya ke Instagram maupun Facebook.

OTHER NEWS & ARTICLES