logo-header

Bambang Haris, M.Si, FM, Sp.RT

Fisika Medis Senior

Bambang Haris, M.Si, FM, Sp.RT
Bambang Haris, M.Si, FM, Sp.RT
Fisika Medis Senior

Expertise : Fisika Medis
BIOGRAPHY

Keberadaan fisikawan medik di sebuah departemen radioterapi rumah sakit memang sangat vital. Melalui ilmu fisika medik dapat dihitung dosis yang tepat bagi pasien saat melakukan radioterapi. Bambang Haris, M.Si,FM,Sp.RT, pria kelahiran Sidoarjo ini sudah menggeluti profesi fisikawan medik selama 20 tahun. Hampir dibilang jarang ada orang yang mau berprofesi sebagai fisikawan medik. Semua teman sejawatnya selama kuliah memilih bekerja di industri. Keinginan laki-laki penggemar genre musik slow rock ini terjun di bidang fisika medik, sempat ditertawakan kawan-kawannya.

Namun, niat tulus ingin membantu orang mendorongnya menekuni fisika medik. Untuk mewujudkan mimpinya dia menempuh pendidikan S2 Fisika Medik di Universitas Diponegoro Semarang. Untuk memperdalam ilmu Fisika Mediknya, dia mendapatkan beasiswa Dutch Cancer Society, di Utrecht Medical Center, Belanda. Selain itu, dirinya juga mendapatkan Certified Qualified Clinical Medical Physicist (UI-AFMI). Dia meyakini apa yang ditangani saat ini merupakan salah satu upaya membantu orang yang terkena penyakit kronis dan berbahaya seperti tumor dan kanker.

Memang karekteristik kanker dan pasien berbeda-beda, namun seorang Bambang Haris selalu berkomitmen untuk memberikan kualitas terbaik kepada pasien. Karenanya, sebagai fisikawan medik dia harus selalu terus mengasah ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru. Tak jarang dia selalu mengikuti seminar-seminar di Indonesia maupun di luar negeri.

Disela-sela kesibukannya sebagai fisika medik di AHCC dan dosen di Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga Surabaya pada matakuliah Perencanaan Radioterapi. Dirinya selalu meluangkan waktu bersama keluarga.