logo-header

PEMBEDAHAN


Sekitar 60% pasien menjalani beberapa jenis pembedahan untuk mengobati kanker. Dalam beberapa kasus, pembedahan adalah satu-satunya perawatan yang diperlukan. Ini juga dapat dikombinasikan dengan kemoterapi atau radiasi sebagai bagian dari keseluruhan rencana perawatan.
 

PEMBEDAHAN

Ada beberapa jenis operasi kanker:

  • Pembedahani kuratif hanya melibatkan pengangkatan tumor kanker. Ini bekerja paling baik pada kanker lokal yang belum menyebar ke bagian lain tubuh, dan sering diikuti oleh terapi radiasi atau kemoterapi untuk memastikan semua sel kanker telah dikeluarkan.
  • Pembedahan pencegahan digunakan untuk mencegah kanker terjadi. Banyak kanker usus besar dapat dicegah dengan menghilangkan polip prakanker sebelum menjadi ganas. Wanita berisiko tinggi terkena kanker payudara karena riwayat keluarga atau mutasi genetik mungkin memutuskan untuk melepaskan payudara mereka agar tidak terjadi kanker. Operasi pencegahan juga dikenal sebagai operasi profilaksis.
  • Pembedahan rekonstruktif mengembalikan tubuh ke normal atau mendekati normal penampilan atau fungsi setelah pengobatan kanker. Yang paling umum adalah operasi rekonstruksi payudara setelah dilakukan mastektomi (pengambilan payudara). Rekonstruksi wajah dan implan testis adalah contoh lain dari operasi rekonstruktif.