logo-header

PANDUAN PASIEN


Di AHCC, kami menawarkan rangkaian lengkap perawatan dan solusi untuk kanker berdasarkan penelitian dan teknologi mutakhir untuk setiap pasien. Jenis perawatan yang digunakan akan didasarkan pada jenis kanker dan stadiumnya. Penanganan medis multidisiplin akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda karena setiap orang berbeda secara fisik. Silakan kunjungi halaman perawatan kami untuk informasi lebih lanjut.

  • METODE PEMBAYARAN

    Di AHCC, tersedia beberapa jenis metode pembayaran berikut:
    ⦁    Tunai
    ⦁    Kartu Kredit
    ⦁    Cek Tunai

  • MITRA ASURANSI
    • AdMedika
    • AXA Financial
    • PT. Asuransi AIA Indonesia
    • Lippo General Insurance
    • Relife
    • Megalife Asuransi Jiwa
    • PT. Mitra Keluarga Piranti Sehat
    • GSS saranasukses.com
    • ABDA Insurance
    • AIG
    • Blue Dot
    • BNI Life
    • Allianz
    • Medipro Advice
    • PT. Pacific International Indonesia Insurance
    • Reliance Insurance
    • Equity Financial Solution
    • Manulife Financial
    • Winterthur
    • Asuransi Sinarmas
    • Asuransi Jiwa Sinarmas d/h Asuransi Jiwa Eka Life
    • Global Assistance & Healthcare
    • Jiwa Sraya JSHealth
  • HAK ANDA SEBAGAI PASIEN

    Sebagai pasien di AHCC, kami berusaha untuk memberi informasi kepada Anda dengan baik, mendorong partisipasi Anda dalam pemilihan perawatan Anda dan mempromosikan komunikasi terbuka dengan tim layanan kesehatan Anda. Sebagai pasien dan mitra, kami mendorong Anda untuk mempelajari tentang hak pasien selama Anda tinggal di rumah sakit kami. 

    (Berdasarkan Deklarasi Asosiasi Medis Dunia untuk Hak Pasien - Diadopsi dari Majelis Medis Dunia ke 34 Lisbon, Portugal, September / Oktober 1981 dan diubah oleh Majelis Umum ke-47 Bali, Indonesia, September 1995)

    Hak Perawatan Kesehatan Dengan Mutu Yang Baik
    Setiap orang berhak tanpa diskriminasi terhadap perawatan medis dan kelangsungan perawatan kesehatan yang tepat. Dia memiliki hak untuk dirawat oleh dokter yang dia tahu bebas untuk membuat penilaian klinis dan etis tanpa gangguan dari luar. Dia selalu diperlakukan sesuai dengan kepentingan terbaiknya dan sesuai dengan prinsip-prinsip medis yang disetujui secara universal. Dokter bertanggung jawab atas pengiriman layanan medis berkualitas.

    Hak Kebebasan Memilih
    Setiap orang berhak memilih dokternya (sesuai dengan peraturan perundang-undangan, kebijakan dan prosedur AHCC) dan hak untuk meminta pendapat dokter lain pada tahap perawatan apa pun tanpa takut berkompromi dengan perawatan.

    Hak untuk Menentukan Keputusan Sendiri
    Setiap orang memiliki hak untuk membuat keputusan bebas mengenai dirinya sendiri. Pasien dewasa yang kompeten secara mental memiliki hak untuk memberi atau menahan persetujuan terhadap prosedur / terapi diagnostik apapun atau terapi. Pasien memiliki hak atas informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan terkait rencana perawatannya. Pasien memiliki hak untuk menolak berpartisipasi dalam penelitian atau pengajaran kedokteran.

    Hak atas Informasi
    Pasien memiliki hak untuk menerima informasi tentang dirinya yang diberikan dengan cara yang sesuai dengan pengertian pasien dan sedemikian rupa sehingga dia bisa mengerti. Secara khusus, informasi dapat ditahan dari pasien bila informasi ini akan menimbulkan bahaya yang serius bagi nyawa atau kesehatannya. Pasien memiliki hak untuk tidak diberitahu mengenai permintaan eksplisitnya, kecuali jika diperlukan untuk melindungi kehidupan orang lain. Pasien memiliki hak untuk memilih orang siapa yang bisa menerima informasi tentang dia.

    Hak atas Kerahasiaan
    Semua informasi yang dapat di identifikasi tentang status kesehatan pasien, kondisi medis, diagnosis, prognosis, perawatan dan semua informasi lain berbentuk jenis pribadi, harus dijaga kerahasiaannya, bahkan setelah kematian. Secara khusus, keturunan pasien memiliki hak untuk mengakses informasi yang akan memberi tahu mereka tentang risiko terkait kesehatan mereka. Informasi rahasia dapat diungkapkan ke penyedia layanan kesehatan lainnya dengan basis yang "perlu diketahui" atau hanya berdasarkan persetujuan eksplisit pasien atau jika dinyatakan secara tegas dalam undang-undang.

    Hak Atas Pendidikan Kesehatan
    Setiap orang memiliki hak atas pendidikan kesehatan yang akan membantu dalam membuat pilihan informasi tentang kesehatan pribadi dan tentang layanan kesehatan yang tersedia.

    Hak untuk martabat
    Kebanggaan dan hak pasien terhadap privasi harus selalu dihormati setiap saat dalam perawatan medis dan pengajaran, semua konsisten dengan budaya dan nilai-nilainya. Dia berhak untuk menghilangkan penderitaannya sesuai dengan pengetahuan terkini. Dia berhak mendapatkan perawatan terminal yang manusiawi dan diberi semua bantuan yang tersedia untuk memastikan kematian sebagai proses yang bermartabat dan nyaman.

    Hak Bantuan Keagamaan
    Pasien berhak menerima (atau menolak) kenyamanan spiritual dan moral termasuk nasihat menteri agama pilihannya.

  • HAK PASIEN YANG TIDAK SADAR/SIUMAN

    Jika pasien tidak sadar atau tidak dapat mengungkapkan keinginannya, informed consent harus diperoleh bilamana mungkin, dari perwakilan yang sah secara hukum.
    Jika perwakilan yang sah secara hukum tidak tersedia, dan intervensi medis sangat dibutuhkan, persetujuan dari pasien mungkin akan dianggap, kecuali jika sudah jelas dan tidak diragukan lagi berdasarkan ekspektasi perusahaan sebelumnya atau keyakinan bahwa dia akan menolak persetujuan . Dalam semua kasus, seorang dokter selalu berusaha menyelamatkan nyawa pasien kecuali dokumen tertulis eksplisit sebelumnya menyatakan sebaliknya (jangan di resusitasi). 

  • HAK PASIEN YANG TIDAK KOMPETEN SECARA HUKUM

    Jika seorang pasien masih di bawah umur (atau tidak kompeten secara hukum), persetujuan dari perwakilan yang berhak secara hukum diperlukan. Meskipun demikian pasien harus dilibatkan dalam pengambilan keputusan sejauh diizinkan oleh kapasitas atau keadaannya.

    Jika pasien yang tidak kompeten secara hukum dapat membuat pilihan rasional, keputusan harus dihormati dan dia berhak melarang pengungkapan informasi kepada perwakilannya yang sah secara hukum.

    Jika perwakilan hukum yang sah secara hukum (orang yang diberi wewenang oleh pasien) melarang perawatan yang menurut pendapat dokter, sesuai minat pasien, dokter harus menantang keputusan ini sebelum forum yang tepat. Jika terjadi keadaan darurat, dokter akan bertindak sesuai minat pasien.

  • PROSEDUR TERHADAP KEHENDAK PASIEN

    Prosedur diagnostik atau perawatan yang bertentangan dengan kemauan pasien hanya dapat dilakukan dalam kasus-kasus yang luar biasa, jika diizinkan secara khusus oleh undang-undang dan sesuai dengan prinsip etika kedokteran. Dalam kasus tersebut, persetujuan dari keluarga terdekat bila memungkinkan. 
     

  • RESPONSIBILITAS ANDA SEBAGAI PASIEN

    Bagi kami untuk memberi Anda perawatan yang optimal dan tepat, Anda dan perwakilan Anda diharapkan untuk:

    • Berikan informasi yang lengkap dan akurat tentang kesehatan Anda, termasuk kondisi sekarang, penyakit masa lalu, rawat inap di masa lalu, obat-obatan, produk alami dan vitamin, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kesehatan Anda.
    • Memberikan informasi yang lengkap dan akurat termasuk nama lengkap, tanggal lahir, alamat, nomor telepon rumah, penyedia asuransi, dan pemberi kerja (jika ada).
    • Berikan petunjuk lanjutan kepada dokter atau rumah sakit jika Anda memilikinya dan memintanya untuk diterapkan saat Anda masuk.
    • Ajukan pertanyaan saat Anda tidak mengerti apa yang dokter atau anggota tim kesehatan Anda memberi tahu Anda tentang diagnosis atau perawatan penyakit Anda. Anda harus memberi tahu dokter Anda jika Anda mengantisipasi masalah dalam mengikuti perawatan yang ditentukan dan jika Anda mempertimbangkan terapi alternatif karena dapat mengganggu atau berinteraksi dengan kondisi Anda.
    • Minta dokter atau perawat Anda apa yang diharapkan mengenai nyeri dan rencana penanganan nyeri. Anda harus memberi tahu dokter atau perawat tentang kekhawatiran Anda untuk minum obat penghilang rasa sakit.
    • Tinggalkan barang berharga di rumah dan bawa hanya barang-barang yang diperlukan selama masa inap di rumah sakit Anda.
    • Mematuhi semua peraturan dan peraturan rumah sakit sebagaimana tercantum dalam "Panduan Pasien dan Keluarga ".
    • Mematuhi kebijakan DILARANG MEROKOK. Semua area dan unit di dalam Pusat Kanker Adi Husada bukan zona MEROKOK.
    • Mematuhi jam kunjungan dan kebijakan untuk menjamin hak dan kenyamanan semua pasien. Tolong perhatian atas tingkat kebisingan, privasi dan keamanan.
    • Senjata dilarang di dalam rumah sakit.
    • Perlakukan staf rumah sakit, pasien lain dan pengunjung dengan sopan dan hormat.
    • Memberikan informasi yang lengkap dan akurat untuk klaim asuransi dan bekerja sama dengan staf Credit and Collection di rumah sakit untuk memastikan penyelesaian tagihan rumah sakit.
    • Ketahui cakupan asuransi kesehatan Anda dan kebijakan terkait mengenai pra-persetujuan yang diperlukan, layanan yang tercakup, penerimaan, rumah sakit dan dokter yang dicakup oleh penyedia asuransi Anda.
    • Ajukan pertanyaan dari perusahaan asuransi atau departemen penagihan di rumah sakit jika ada masalah finansial yang tidak Anda mengerti.
    • Bayar tagihan rumah sakit dan dokter Anda tepat waktu di kasir rumah sakit.
  • AKOMODASI SEKITAR AHCC

    Hotel Emerald Surabaya
    JL.AMBENGAN NO. 14, (031) 5451350
    0.52 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    The Life Hotel Surabaya
    JL.KUSUMA BANGSA NO. 41, (031) 5483389
    0.54 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    Surabaya Suites
    JL.PEMUDA NO.31 - 37, (031) 5316833
    0.62 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    Garden Palace
    JL.YOS SUDARSO NO. 11, (031) 5321001
    0.62 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    Hotel Tunjungan
    JL.TUNJUNGAN NO. 102 - 104(031) 5466666
    0.62 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Royal Regal Hotel Surabaya
    JL.JAKSA AGUNG SUPRAPTO NO. 35, (031) 5477568
    0.65 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Swiss Bellinn
    JL.TUNJUNGAN NO. 101, (031) 99001999
    0.85 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Grand Inna Tunjungan
    JL.GUBERNUR SURYO NO. 1-3, (031) 5342151
    0.85 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Weta International Hotel
    JL.GENTENG KALI NO. 3 - 11, (031) 5319494
    0.85 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    Maumu Hotel & Lounge 
    JL. WALIKOTA MUSTAJAB NO. 29 - 31, (031) 5459999
    0.94 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Cleo Hotel Walikota Mustajab
    JL. WALIKOTA MUSTAJAB NO. 59, (031) 5489000
    0.98 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Hotel Majapahit Surabaya
    JL.TUNJUNGAN NO. 65, (031) 5454333
    1.06 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Midtown
    JL.BASUKI RAHMAT NO. 76, (031) 5315399
    1.12 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    IBIS Hotel
    JL.BASUKI RAHMAT NO.94 - 96, (031) 5358885
    1.12 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    JW Marriot
    JL.EMBONG MALANG NO. 85 - 89, (031) 5458888
    1.27 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Four Points by Sheraton Surabaya
    JL.EMBONG MALANG NO.25-31
    1.27 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Sheraton Surabaya Hotel and Towers
    JL.EMBONG MALANG NO. 25-31, (031) 5467000
    1.27 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    Holiday Inn Express
    JL.KEDUNGDORO NO. 58, (031) 5355500
    1.27 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    Hotel Mercure
    JL.RAYA DARMO NO. 68 - 78, (031) 5623000
    2.7 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

  • TRANSPORTASI KE AHCC

    Ada banyak cara ke AHCC Surabaya. Cari tahu lebih lanjut tentang berbagai pilihan transportasi dan parkir yang tersedia bagi Anda.
    Google Map

    Dengan mobil dan motor :
    Tersedia area parkir yang luas dan nyaman dalam area Rumah Sakit

    Dengan transportasi publik :
    Taxi :
    BLUE BIRD : (031) 5651234, 3721234

    EXPRESS : (031) 8417878, 8411404

    GOLD : (031) 8545555

    O-RENZ : (031) 8799999

    SILVER : (031) 5600055

  • Dapatkah saya membawa seseorang bersamaku?

    Ya, Anda dipersilahkan membawa teman atau anggota keluarga untuk menemani Anda saat kunjungan terapi, tapi mereka harus menunggu di tempat tunggu, bukan di samping kursi pasien.

  • Kemoterapi akan makan waktu berapa lama?

    Bergantung pada jenis kanker dan pengobatannya, pengobatan kemoterapi bisa berlangsung dari 30 menit sampai enam jam. AHCC hanya menangani durasi pengobatan kemoterapi dalam waktu maksimum 6 jam saja.

  • Apakah terapinya menyakitkan?

    Biasanya kemoterapi tidak menyebabkan rasa sakit tapi beberapa pasien mungkin mengalami ketidaknyamanan misalnya merasa dingin, sedikit terbakar dll. Gejala ini berhubungan dengan obat kemoterapi yang digunakan pada protokol pengobatan individu.

  • Bagaimana perasaanku setelah kemo?

    Mungkin ada efek samping, yang akan bervariasi tergantung pada jenis kemoterapi yang Anda terima. Ini akan dibahas bersama Anda sebelum perawatan dimulai, jadi Anda tahu apa yang diharapkan. Banyak pasien yang mampu menyetir sendiri pergi dan pulang dari perawatan mereka, namun sangat penting untuk meminta ditemenin kepada teman atau kerabat Anda untuk kunjungan pertama Anda.

  • Bisakah saya makan dan minum sebelum saya datang?

    Bisa. Penting agar Anda memakan makanan biasa, minum banyak cairan dan minum obat biasa sebelum janji temu, kecuali jika dinyatakan lain oleh dokter atau perawat Anda.

  • Apa yang harus saya kenakan?

    Kenakan pakaian yang nyaman dengan lengan yang longgar, karena petugas keperawatan mungkin perlu melakukan tes darah atau memasukkan infus ke lengan Anda. Jika Anda memiliki chemoport, tolong pakai pakaian yang memudahkan akses mudah ke dada Anda. Beberapa orang merasa kedinginan saat mereka menerima perawatan jadi ada baiknya membawa sesuatu yang hangat bersama Anda. Jika Anda kedinginan, mohon minta selimut kepada petugas kami.

  • Apa yang harus saya bawa?

    Perawatan bisa memakan waktu beberapa jam sehingga Anda disarankan untuk melakukan sesuatu, gagasan meliputi:

    • buku atau majalah

    • iPod atau iPad

    • laptop

    • telepon genggam

  • Bolehkah saya memakai telepon genggam?

    Ya, Anda bisa menggunakan ponsel Anda saat menerima perawatan namun penting bagi Anda untuk mempertimbangkan pasien lain. Tolong menjaga suara anda seminimal mungkin dan batasi waktu panggilan Anda. Akses WiFi dapat pakai untuk ponsel Anda. Silakan berdiskusi dengan perawat Anda jika Anda tertarik untuk mengatur hal ini.

  • Bolehkah saya menyetir?

    Yang terbaik adalah meminta seseorang membawa Anda pulang dan pergi dari pertemuan pertama Anda. Tergantung pada perawatan Anda, Anda mungkin bisa menyetir sendiri setelah penunjukan awal Anda.

  • Apakah terapi radiasi sakit?

    Terapi radiasi tidak menimbulkan rasa sakit selama pengobatan. Beberapa efek samping bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan harus didiskusikan dengan tim perawatan Anda.

  • Apa efek sampingnya?

    Efek sampingnya bervariasi tergantung pada bagian tubuh mana yang sedang dirawat. Ini akan dibahas bersama Anda sebelum perawatan dimulai sehingga Anda tahu apa yang diharapkan. Jika Anda memiliki masalah di sepanjang proses, tolong bicara dengan tim perawatan Anda.

  • Apakah saya akan kehilangan rambut saya?

    Terapi radiasi hanya mempengaruhi bagian tubuh Anda yang sedang dirawat. Jika rambut termasuk dalam area perawatan, rambut di daerah itu akan rontok. Jumlahnya tergantung pada ukuran area yang dirawat dan dosis radiasi yang diterimanya. Rambut biasanya akan tumbuh kembali perlahan beberapa bulan setelah perawatan selesai.

  • Apakah saya akan radioaktif? Dapatkah saya bermain dengan anak-anak saya?

    Tidak, Anda tidak radioaktif setelah meninggalkan ruang perawatan. Radiasi hanya dikirimkan saat mesin x-ray (akselerator linier) dinyalakan. Anda dapat dengan aman berada di dekat anak-anak atau anggota keluarga yang sedang hamil selama masa perawatan Anda.

  • Seberapa sering saya harus hadir untuk perawatan?

    Hal ini tergantung pada jenis kanker dan tujuan (objektif) pengobatan Anda. Terapi radiasi ditentukan sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mencapai tujuan terapi Anda. Hasil ini bisa menjadi pengobatan tunggal untuk melepaskan keluhan tertentu mengenai kondisi kesehatan tetapi biasanya adalah dari 4-8 minggu perawatan, seminggu 5 hari, Senin sampai Jumat.

  • Berapa lama terapi radiasi berlangsung?

    Pengobatan terapi radiasi biasanya memakan waktu 10-40 menit; tergantung pada teknik terapi yang kita gunakan.

  • Bisakah saya menyetir?

    Ya, kecuali jika diperintahkan tidak boleh oleh dokter Anda. Jika Anda merasa lelah atau tidak sehat, mintalah seorang teman atau anggota keluarga untuk membawa Anda.

  • Dapatkah saya terus minum obat saya?

    Ya, penting bagi Anda untuk memeriksa sebelum terus minum semua obat yang diresepkan saat Anda menjalani terapi radiasi. Sangatlah penting bahwa Anda menginformasikan ahli onkologi radiasi tentang obat ini.

  • Mengapa saya merasa lelah?

    Beberapa pasien akan mengalami kelelahan selama terapi radiasi. Kelelahan dapat terjadi karena sejumlah alasan, termasuk gizi buruk, sulit tidur karena khawatir, gejala atau efek samping, atau karena meningkatnya usaha oleh tubuh Anda untuk memperbaiki diri selama perawatan.

     

    Bagi kebanyakan pasien, kelelahan akan berkurang dalam beberapa minggu setelah menyelesaikan pengobatan. Jika kelelahan menjadi perhatian Anda, tolong beritahu tim perawatan Anda.

  • Bagaimana terapi radiasi bekerja?

    Semua sel yang tumbuh di tubuh Anda harus bereproduksi agar bisa bertahan. Untuk bereproduksi, mereka membutuhkan materi genetik yang disebut DNA yang berada di dalam setiap sel. Terapi radiasi bekerja karena sel kanker tidak mampu memperbaiki kerusakan radiasi yang terjadi pada DNA mereka namun sel sehat yang normal dapat memperbaiki.

     

    Dosis radiasi tertinggi ditujukan pada sel kanker. Rencana terapi radiasi Anda menghindari jaringan normal sebanyak mungkin dengan mengarahkan sinar radiasi dari sudut yang berbeda dan membentuk sinar di sekitar tumor dengan tepat. Menyampaikan terapi radiasi selama beberapa hari atau minggu juga memungkinkan jaringan sehat memperbaiki waktu.

  • Mengapa saya membutuhkan lebih dari satu jenis pengobatan kanker?

    Untuk jenis kanker tertentu, kombinasi terapi radiasi, pembedahan dan / atau kemoterapi lebih efektif daripada hanya memiliki satu jenis pengobatan.

     

    Kemoterapi adalah pengobatan obat yang beredar di seluruh tubuh melalui aliran darah untuk menghancurkan sel kanker. Kemoterapi sering digunakan saat kanker menyebar ke lokasi lain di dalam tubuh. Bila diberikan bersamaan dengan terapi radiasi, kemoterapi juga bisa meningkatkan efektifitas radiasi pada sel kanker.

     

    Pembedahan bisa sangat efektif untuk menghilangkan tumor dari tubuh. Terkadang terapi radiasi digunakan untuk membuat tumor lebih kecil sebelum operasi atau sebagai tindakan pencegahan ekstra jika ada sel kanker yang tertinggal setelah operasi.

     

    Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi AHCC dan membuat janji bertemu Ahli Onkologi kami yang bertugas untuk memberikan saran yang tepat.

INFORMASI ASURANSI & KEUANGAN
HAK & TANGGUNG JAWAB PASIEN
AKOMODASI DAN TRANSPORTASI
FAQ AHCC
FAQ KEMOTERAPI
FAQ RADIOTERAPI
  • METODE PEMBAYARAN

    Di AHCC, tersedia beberapa jenis metode pembayaran berikut:
    ⦁    Tunai
    ⦁    Kartu Kredit
    ⦁    Cek Tunai

  • MITRA ASURANSI
    • AdMedika
    • AXA Financial
    • PT. Asuransi AIA Indonesia
    • Lippo General Insurance
    • Relife
    • Megalife Asuransi Jiwa
    • PT. Mitra Keluarga Piranti Sehat
    • GSS saranasukses.com
    • ABDA Insurance
    • AIG
    • Blue Dot
    • BNI Life
    • Allianz
    • Medipro Advice
    • PT. Pacific International Indonesia Insurance
    • Reliance Insurance
    • Equity Financial Solution
    • Manulife Financial
    • Winterthur
    • Asuransi Sinarmas
    • Asuransi Jiwa Sinarmas d/h Asuransi Jiwa Eka Life
    • Global Assistance & Healthcare
    • Jiwa Sraya JSHealth
  • HAK ANDA SEBAGAI PASIEN

    Sebagai pasien di AHCC, kami berusaha untuk memberi informasi kepada Anda dengan baik, mendorong partisipasi Anda dalam pemilihan perawatan Anda dan mempromosikan komunikasi terbuka dengan tim layanan kesehatan Anda. Sebagai pasien dan mitra, kami mendorong Anda untuk mempelajari tentang hak pasien selama Anda tinggal di rumah sakit kami. 

    (Berdasarkan Deklarasi Asosiasi Medis Dunia untuk Hak Pasien - Diadopsi dari Majelis Medis Dunia ke 34 Lisbon, Portugal, September / Oktober 1981 dan diubah oleh Majelis Umum ke-47 Bali, Indonesia, September 1995)

    Hak Perawatan Kesehatan Dengan Mutu Yang Baik
    Setiap orang berhak tanpa diskriminasi terhadap perawatan medis dan kelangsungan perawatan kesehatan yang tepat. Dia memiliki hak untuk dirawat oleh dokter yang dia tahu bebas untuk membuat penilaian klinis dan etis tanpa gangguan dari luar. Dia selalu diperlakukan sesuai dengan kepentingan terbaiknya dan sesuai dengan prinsip-prinsip medis yang disetujui secara universal. Dokter bertanggung jawab atas pengiriman layanan medis berkualitas.

    Hak Kebebasan Memilih
    Setiap orang berhak memilih dokternya (sesuai dengan peraturan perundang-undangan, kebijakan dan prosedur AHCC) dan hak untuk meminta pendapat dokter lain pada tahap perawatan apa pun tanpa takut berkompromi dengan perawatan.

    Hak untuk Menentukan Keputusan Sendiri
    Setiap orang memiliki hak untuk membuat keputusan bebas mengenai dirinya sendiri. Pasien dewasa yang kompeten secara mental memiliki hak untuk memberi atau menahan persetujuan terhadap prosedur / terapi diagnostik apapun atau terapi. Pasien memiliki hak atas informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan terkait rencana perawatannya. Pasien memiliki hak untuk menolak berpartisipasi dalam penelitian atau pengajaran kedokteran.

    Hak atas Informasi
    Pasien memiliki hak untuk menerima informasi tentang dirinya yang diberikan dengan cara yang sesuai dengan pengertian pasien dan sedemikian rupa sehingga dia bisa mengerti. Secara khusus, informasi dapat ditahan dari pasien bila informasi ini akan menimbulkan bahaya yang serius bagi nyawa atau kesehatannya. Pasien memiliki hak untuk tidak diberitahu mengenai permintaan eksplisitnya, kecuali jika diperlukan untuk melindungi kehidupan orang lain. Pasien memiliki hak untuk memilih orang siapa yang bisa menerima informasi tentang dia.

    Hak atas Kerahasiaan
    Semua informasi yang dapat di identifikasi tentang status kesehatan pasien, kondisi medis, diagnosis, prognosis, perawatan dan semua informasi lain berbentuk jenis pribadi, harus dijaga kerahasiaannya, bahkan setelah kematian. Secara khusus, keturunan pasien memiliki hak untuk mengakses informasi yang akan memberi tahu mereka tentang risiko terkait kesehatan mereka. Informasi rahasia dapat diungkapkan ke penyedia layanan kesehatan lainnya dengan basis yang "perlu diketahui" atau hanya berdasarkan persetujuan eksplisit pasien atau jika dinyatakan secara tegas dalam undang-undang.

    Hak Atas Pendidikan Kesehatan
    Setiap orang memiliki hak atas pendidikan kesehatan yang akan membantu dalam membuat pilihan informasi tentang kesehatan pribadi dan tentang layanan kesehatan yang tersedia.

    Hak untuk martabat
    Kebanggaan dan hak pasien terhadap privasi harus selalu dihormati setiap saat dalam perawatan medis dan pengajaran, semua konsisten dengan budaya dan nilai-nilainya. Dia berhak untuk menghilangkan penderitaannya sesuai dengan pengetahuan terkini. Dia berhak mendapatkan perawatan terminal yang manusiawi dan diberi semua bantuan yang tersedia untuk memastikan kematian sebagai proses yang bermartabat dan nyaman.

    Hak Bantuan Keagamaan
    Pasien berhak menerima (atau menolak) kenyamanan spiritual dan moral termasuk nasihat menteri agama pilihannya.

  • HAK PASIEN YANG TIDAK SADAR/SIUMAN

    Jika pasien tidak sadar atau tidak dapat mengungkapkan keinginannya, informed consent harus diperoleh bilamana mungkin, dari perwakilan yang sah secara hukum.
    Jika perwakilan yang sah secara hukum tidak tersedia, dan intervensi medis sangat dibutuhkan, persetujuan dari pasien mungkin akan dianggap, kecuali jika sudah jelas dan tidak diragukan lagi berdasarkan ekspektasi perusahaan sebelumnya atau keyakinan bahwa dia akan menolak persetujuan . Dalam semua kasus, seorang dokter selalu berusaha menyelamatkan nyawa pasien kecuali dokumen tertulis eksplisit sebelumnya menyatakan sebaliknya (jangan di resusitasi). 

  • HAK PASIEN YANG TIDAK KOMPETEN SECARA HUKUM

    Jika seorang pasien masih di bawah umur (atau tidak kompeten secara hukum), persetujuan dari perwakilan yang berhak secara hukum diperlukan. Meskipun demikian pasien harus dilibatkan dalam pengambilan keputusan sejauh diizinkan oleh kapasitas atau keadaannya.

    Jika pasien yang tidak kompeten secara hukum dapat membuat pilihan rasional, keputusan harus dihormati dan dia berhak melarang pengungkapan informasi kepada perwakilannya yang sah secara hukum.

    Jika perwakilan hukum yang sah secara hukum (orang yang diberi wewenang oleh pasien) melarang perawatan yang menurut pendapat dokter, sesuai minat pasien, dokter harus menantang keputusan ini sebelum forum yang tepat. Jika terjadi keadaan darurat, dokter akan bertindak sesuai minat pasien.

  • PROSEDUR TERHADAP KEHENDAK PASIEN

    Prosedur diagnostik atau perawatan yang bertentangan dengan kemauan pasien hanya dapat dilakukan dalam kasus-kasus yang luar biasa, jika diizinkan secara khusus oleh undang-undang dan sesuai dengan prinsip etika kedokteran. Dalam kasus tersebut, persetujuan dari keluarga terdekat bila memungkinkan. 
     

  • RESPONSIBILITAS ANDA SEBAGAI PASIEN

    Bagi kami untuk memberi Anda perawatan yang optimal dan tepat, Anda dan perwakilan Anda diharapkan untuk:

    • Berikan informasi yang lengkap dan akurat tentang kesehatan Anda, termasuk kondisi sekarang, penyakit masa lalu, rawat inap di masa lalu, obat-obatan, produk alami dan vitamin, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kesehatan Anda.
    • Memberikan informasi yang lengkap dan akurat termasuk nama lengkap, tanggal lahir, alamat, nomor telepon rumah, penyedia asuransi, dan pemberi kerja (jika ada).
    • Berikan petunjuk lanjutan kepada dokter atau rumah sakit jika Anda memilikinya dan memintanya untuk diterapkan saat Anda masuk.
    • Ajukan pertanyaan saat Anda tidak mengerti apa yang dokter atau anggota tim kesehatan Anda memberi tahu Anda tentang diagnosis atau perawatan penyakit Anda. Anda harus memberi tahu dokter Anda jika Anda mengantisipasi masalah dalam mengikuti perawatan yang ditentukan dan jika Anda mempertimbangkan terapi alternatif karena dapat mengganggu atau berinteraksi dengan kondisi Anda.
    • Minta dokter atau perawat Anda apa yang diharapkan mengenai nyeri dan rencana penanganan nyeri. Anda harus memberi tahu dokter atau perawat tentang kekhawatiran Anda untuk minum obat penghilang rasa sakit.
    • Tinggalkan barang berharga di rumah dan bawa hanya barang-barang yang diperlukan selama masa inap di rumah sakit Anda.
    • Mematuhi semua peraturan dan peraturan rumah sakit sebagaimana tercantum dalam "Panduan Pasien dan Keluarga ".
    • Mematuhi kebijakan DILARANG MEROKOK. Semua area dan unit di dalam Pusat Kanker Adi Husada bukan zona MEROKOK.
    • Mematuhi jam kunjungan dan kebijakan untuk menjamin hak dan kenyamanan semua pasien. Tolong perhatian atas tingkat kebisingan, privasi dan keamanan.
    • Senjata dilarang di dalam rumah sakit.
    • Perlakukan staf rumah sakit, pasien lain dan pengunjung dengan sopan dan hormat.
    • Memberikan informasi yang lengkap dan akurat untuk klaim asuransi dan bekerja sama dengan staf Credit and Collection di rumah sakit untuk memastikan penyelesaian tagihan rumah sakit.
    • Ketahui cakupan asuransi kesehatan Anda dan kebijakan terkait mengenai pra-persetujuan yang diperlukan, layanan yang tercakup, penerimaan, rumah sakit dan dokter yang dicakup oleh penyedia asuransi Anda.
    • Ajukan pertanyaan dari perusahaan asuransi atau departemen penagihan di rumah sakit jika ada masalah finansial yang tidak Anda mengerti.
    • Bayar tagihan rumah sakit dan dokter Anda tepat waktu di kasir rumah sakit.
  • AKOMODASI SEKITAR AHCC

    Hotel Emerald Surabaya
    JL.AMBENGAN NO. 14, (031) 5451350
    0.52 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    The Life Hotel Surabaya
    JL.KUSUMA BANGSA NO. 41, (031) 5483389
    0.54 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    Surabaya Suites
    JL.PEMUDA NO.31 - 37, (031) 5316833
    0.62 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    Garden Palace
    JL.YOS SUDARSO NO. 11, (031) 5321001
    0.62 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    Hotel Tunjungan
    JL.TUNJUNGAN NO. 102 - 104(031) 5466666
    0.62 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Royal Regal Hotel Surabaya
    JL.JAKSA AGUNG SUPRAPTO NO. 35, (031) 5477568
    0.65 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Swiss Bellinn
    JL.TUNJUNGAN NO. 101, (031) 99001999
    0.85 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Grand Inna Tunjungan
    JL.GUBERNUR SURYO NO. 1-3, (031) 5342151
    0.85 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Weta International Hotel
    JL.GENTENG KALI NO. 3 - 11, (031) 5319494
    0.85 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    Maumu Hotel & Lounge 
    JL. WALIKOTA MUSTAJAB NO. 29 - 31, (031) 5459999
    0.94 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Cleo Hotel Walikota Mustajab
    JL. WALIKOTA MUSTAJAB NO. 59, (031) 5489000
    0.98 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Hotel Majapahit Surabaya
    JL.TUNJUNGAN NO. 65, (031) 5454333
    1.06 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Midtown
    JL.BASUKI RAHMAT NO. 76, (031) 5315399
    1.12 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    IBIS Hotel
    JL.BASUKI RAHMAT NO.94 - 96, (031) 5358885
    1.12 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    JW Marriot
    JL.EMBONG MALANG NO. 85 - 89, (031) 5458888
    1.27 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Four Points by Sheraton Surabaya
    JL.EMBONG MALANG NO.25-31
    1.27 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan 

    Sheraton Surabaya Hotel and Towers
    JL.EMBONG MALANG NO. 25-31, (031) 5467000
    1.27 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    Holiday Inn Express
    JL.KEDUNGDORO NO. 58, (031) 5355500
    1.27 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

    Hotel Mercure
    JL.RAYA DARMO NO. 68 - 78, (031) 5623000
    2.7 km dari Rumah Sakit Adi Husada, Jl.Undaan Wetan

  • TRANSPORTASI KE AHCC

    Ada banyak cara ke AHCC Surabaya. Cari tahu lebih lanjut tentang berbagai pilihan transportasi dan parkir yang tersedia bagi Anda.
    Google Map

    Dengan mobil dan motor :
    Tersedia area parkir yang luas dan nyaman dalam area Rumah Sakit

    Dengan transportasi publik :
    Taxi :
    BLUE BIRD : (031) 5651234, 3721234

    EXPRESS : (031) 8417878, 8411404

    GOLD : (031) 8545555

    O-RENZ : (031) 8799999

    SILVER : (031) 5600055

  • Dapatkah saya membawa seseorang bersamaku?

    Ya, Anda dipersilahkan membawa teman atau anggota keluarga untuk menemani Anda saat kunjungan terapi, tapi mereka harus menunggu di tempat tunggu, bukan di samping kursi pasien.

  • Kemoterapi akan makan waktu berapa lama?

    Bergantung pada jenis kanker dan pengobatannya, pengobatan kemoterapi bisa berlangsung dari 30 menit sampai enam jam. AHCC hanya menangani durasi pengobatan kemoterapi dalam waktu maksimum 6 jam saja.

  • Apakah terapinya menyakitkan?

    Biasanya kemoterapi tidak menyebabkan rasa sakit tapi beberapa pasien mungkin mengalami ketidaknyamanan misalnya merasa dingin, sedikit terbakar dll. Gejala ini berhubungan dengan obat kemoterapi yang digunakan pada protokol pengobatan individu.

  • Bagaimana perasaanku setelah kemo?

    Mungkin ada efek samping, yang akan bervariasi tergantung pada jenis kemoterapi yang Anda terima. Ini akan dibahas bersama Anda sebelum perawatan dimulai, jadi Anda tahu apa yang diharapkan. Banyak pasien yang mampu menyetir sendiri pergi dan pulang dari perawatan mereka, namun sangat penting untuk meminta ditemenin kepada teman atau kerabat Anda untuk kunjungan pertama Anda.

  • Bisakah saya makan dan minum sebelum saya datang?

    Bisa. Penting agar Anda memakan makanan biasa, minum banyak cairan dan minum obat biasa sebelum janji temu, kecuali jika dinyatakan lain oleh dokter atau perawat Anda.

  • Apa yang harus saya kenakan?

    Kenakan pakaian yang nyaman dengan lengan yang longgar, karena petugas keperawatan mungkin perlu melakukan tes darah atau memasukkan infus ke lengan Anda. Jika Anda memiliki chemoport, tolong pakai pakaian yang memudahkan akses mudah ke dada Anda. Beberapa orang merasa kedinginan saat mereka menerima perawatan jadi ada baiknya membawa sesuatu yang hangat bersama Anda. Jika Anda kedinginan, mohon minta selimut kepada petugas kami.

  • Apa yang harus saya bawa?

    Perawatan bisa memakan waktu beberapa jam sehingga Anda disarankan untuk melakukan sesuatu, gagasan meliputi:

    • buku atau majalah

    • iPod atau iPad

    • laptop

    • telepon genggam

  • Bolehkah saya memakai telepon genggam?

    Ya, Anda bisa menggunakan ponsel Anda saat menerima perawatan namun penting bagi Anda untuk mempertimbangkan pasien lain. Tolong menjaga suara anda seminimal mungkin dan batasi waktu panggilan Anda. Akses WiFi dapat pakai untuk ponsel Anda. Silakan berdiskusi dengan perawat Anda jika Anda tertarik untuk mengatur hal ini.

  • Bolehkah saya menyetir?

    Yang terbaik adalah meminta seseorang membawa Anda pulang dan pergi dari pertemuan pertama Anda. Tergantung pada perawatan Anda, Anda mungkin bisa menyetir sendiri setelah penunjukan awal Anda.

  • Apakah terapi radiasi sakit?

    Terapi radiasi tidak menimbulkan rasa sakit selama pengobatan. Beberapa efek samping bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan harus didiskusikan dengan tim perawatan Anda.

  • Apa efek sampingnya?

    Efek sampingnya bervariasi tergantung pada bagian tubuh mana yang sedang dirawat. Ini akan dibahas bersama Anda sebelum perawatan dimulai sehingga Anda tahu apa yang diharapkan. Jika Anda memiliki masalah di sepanjang proses, tolong bicara dengan tim perawatan Anda.

  • Apakah saya akan kehilangan rambut saya?

    Terapi radiasi hanya mempengaruhi bagian tubuh Anda yang sedang dirawat. Jika rambut termasuk dalam area perawatan, rambut di daerah itu akan rontok. Jumlahnya tergantung pada ukuran area yang dirawat dan dosis radiasi yang diterimanya. Rambut biasanya akan tumbuh kembali perlahan beberapa bulan setelah perawatan selesai.

  • Apakah saya akan radioaktif? Dapatkah saya bermain dengan anak-anak saya?

    Tidak, Anda tidak radioaktif setelah meninggalkan ruang perawatan. Radiasi hanya dikirimkan saat mesin x-ray (akselerator linier) dinyalakan. Anda dapat dengan aman berada di dekat anak-anak atau anggota keluarga yang sedang hamil selama masa perawatan Anda.

  • Seberapa sering saya harus hadir untuk perawatan?

    Hal ini tergantung pada jenis kanker dan tujuan (objektif) pengobatan Anda. Terapi radiasi ditentukan sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mencapai tujuan terapi Anda. Hasil ini bisa menjadi pengobatan tunggal untuk melepaskan keluhan tertentu mengenai kondisi kesehatan tetapi biasanya adalah dari 4-8 minggu perawatan, seminggu 5 hari, Senin sampai Jumat.

  • Berapa lama terapi radiasi berlangsung?

    Pengobatan terapi radiasi biasanya memakan waktu 10-40 menit; tergantung pada teknik terapi yang kita gunakan.

  • Bisakah saya menyetir?

    Ya, kecuali jika diperintahkan tidak boleh oleh dokter Anda. Jika Anda merasa lelah atau tidak sehat, mintalah seorang teman atau anggota keluarga untuk membawa Anda.

  • Dapatkah saya terus minum obat saya?

    Ya, penting bagi Anda untuk memeriksa sebelum terus minum semua obat yang diresepkan saat Anda menjalani terapi radiasi. Sangatlah penting bahwa Anda menginformasikan ahli onkologi radiasi tentang obat ini.

  • Mengapa saya merasa lelah?

    Beberapa pasien akan mengalami kelelahan selama terapi radiasi. Kelelahan dapat terjadi karena sejumlah alasan, termasuk gizi buruk, sulit tidur karena khawatir, gejala atau efek samping, atau karena meningkatnya usaha oleh tubuh Anda untuk memperbaiki diri selama perawatan.

     

    Bagi kebanyakan pasien, kelelahan akan berkurang dalam beberapa minggu setelah menyelesaikan pengobatan. Jika kelelahan menjadi perhatian Anda, tolong beritahu tim perawatan Anda.

  • Bagaimana terapi radiasi bekerja?

    Semua sel yang tumbuh di tubuh Anda harus bereproduksi agar bisa bertahan. Untuk bereproduksi, mereka membutuhkan materi genetik yang disebut DNA yang berada di dalam setiap sel. Terapi radiasi bekerja karena sel kanker tidak mampu memperbaiki kerusakan radiasi yang terjadi pada DNA mereka namun sel sehat yang normal dapat memperbaiki.

     

    Dosis radiasi tertinggi ditujukan pada sel kanker. Rencana terapi radiasi Anda menghindari jaringan normal sebanyak mungkin dengan mengarahkan sinar radiasi dari sudut yang berbeda dan membentuk sinar di sekitar tumor dengan tepat. Menyampaikan terapi radiasi selama beberapa hari atau minggu juga memungkinkan jaringan sehat memperbaiki waktu.

  • Mengapa saya membutuhkan lebih dari satu jenis pengobatan kanker?

    Untuk jenis kanker tertentu, kombinasi terapi radiasi, pembedahan dan / atau kemoterapi lebih efektif daripada hanya memiliki satu jenis pengobatan.

     

    Kemoterapi adalah pengobatan obat yang beredar di seluruh tubuh melalui aliran darah untuk menghancurkan sel kanker. Kemoterapi sering digunakan saat kanker menyebar ke lokasi lain di dalam tubuh. Bila diberikan bersamaan dengan terapi radiasi, kemoterapi juga bisa meningkatkan efektifitas radiasi pada sel kanker.

     

    Pembedahan bisa sangat efektif untuk menghilangkan tumor dari tubuh. Terkadang terapi radiasi digunakan untuk membuat tumor lebih kecil sebelum operasi atau sebagai tindakan pencegahan ekstra jika ada sel kanker yang tertinggal setelah operasi.

     

    Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi AHCC dan membuat janji bertemu Ahli Onkologi kami yang bertugas untuk memberikan saran yang tepat.